aigo00

Just another WordPress.com site

Kenapa Bawang Merah Bisa Bikin Nangis? Solusinya? November 9, 2011

Filed under: Biologi — emi_ya @ 2:48 am
Tags: ,

Mengapa saat kita mengupas atau memotong bawang merah, mata kita bisa berair?

Hal ini disebabkan karena bawang merah (Allium cepa) mengandung sulfur, yang dapat menganggu mata dan hidung. Ketika dipotong, bawang melepaskan senyawa sulfur ini ke udara. Begitu kontak dengan air mata, senyawa ini menghasilkan asam sulfur, yang menyebabkan iritasi. Kemudian, mata menghasilkan air mata untuk menyingkirkan benda yang mengganggunya itu. Menggosok mata hanya akan semakin mengiritasi mata karena, setelah bersentuhan dengan bawang, jari juga terkena senyawa sulfur itu.

Petani Inggris telah mengembangkan bawang merah yang tidak mengiritasi mata. Jenis ini dikenal sebagai “supasweet onion”. Bawang merah ini ditumbuhkan dalam tanah yang rendah sulfur, dan akibatnya kandungan sulfur dalam bawang ini jauh berkurang.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Suatu hari saya pergi ke rumah teman untuk membantu masak-masak. Ketika saya hendak memotong bawang merah, nenek teman saya meletakkan sebutir gula jawa di dekat bawang merah-bawang merah itu. Kata beliau, dengan melihat gula jawa dan bawang merah secara bersamaan, mata kita tidak akan mengeluarkan air mata saat memotong bawang merah tersebut. Awalnya saya tidak percaya, namun ternyata cara ini memang terbukti. Sejak saat itu saya sering meletakkan gula jawa di dekat bawang merah yang akan dipotong.

Saya jadi penasaran, mengapa gula jawa dapat mengatasi keluarnya air mata yang disebabkan oleh bawang merah. Sudah browsing kesana kemari, namun tidak menemukan jawabannya. Kemudian saya bertanya kepada salah satu teman yang kuliah di jurusan kimia. Menurutnya, kemungkinan gula jawa ini sifatnya basa sehingga dapat menetralisir asam sulfur dari bawang merah. Sedangkan menurut wikipedia, bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi. Nah, jadi bawang merah itu bersifat asam atau basa? Untuk itu saya ingin meminta sepotong kertas lakmus dari laboratorium untuk mengetahui sifat asam basa gula merah. Namun saya tidak berani. (>.<) *ya elah!! plak!!*

Ada pula yang mengatakan, agar kita tidak mengeluarkan air mata saat memotong bawang merah, maka letakkan bawang putih di ujung pisau yang digunakan untuk memotong tersebut. Kalau cara ini, saya belum pernah membuktikan keefektifannya. Dan mungkin masih banyak cara lain yang dapat kita pakai agar kita tidak “menangis” saat memotong bawang merah.

 

Cre:

misteritubuh.com

id.wikipedia.org

 

4 Responses to “Kenapa Bawang Merah Bisa Bikin Nangis? Solusinya?”

  1. CuteHyeon Berkata

    Eonni,, Nulis sendiri atau copas?

  2. CuteHyeon Berkata

    Eonni,, saya mampir.. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.